Kamis, 16 Oktober 2014

Teori Desain Komunikasi Visual

Rakhmat Supriyono (2010:9) menyatakan bahwa desain komunikasi visual adalah mengkomunikasikan pesan atau informasi kepada penerima pesan dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi, warna, garis, layout, dan sebagainya. Desain Komunikasi Visual dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan perpaduan antara seni rupa (visual art) dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis.                      


Adi Kusrianto(2006:2)menyatakan bahwa desain komunikasi visual adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna serta layout (tata letak atau perwajahan). Dengan demikian, gagasan bisa diterima oleh orang atau kelompok yang menjadi sasaran penerima pesan.