Sabtu, 18 Juni 2011

Hidup di dalam jiwa seni (Leonardo Da Vinci)


Penemu: Leonardo di ser Piero da Vinci
Leonardo DaVinci Foto courtesy Institute dan Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan
Kriteria: Arsitek, pematun
g, insinyur, pelukis, ilmuwan, dan penemu.
Lahir: April 15, 1452 di kota kecil Vinci, di Tuscany, It
alia
Kematian: 2 Mei
1519 di Cloux, dekat Amboise, Prancis
Kebangsaan: Italia

Leonardo dilahirkan di kota kecil Vinci, di Tuscan
y, dekat Florence. Ia adalah anak seorang notaris Firenze kaya dan seorang wanita petani. Pada pertengahan 1460s keluarga menetap di Florence, di mana Leonardo diberi pendidikan terbaik yang Florence, pusat intelektual dan artistik utama dari Italia, bisa menawarkan. Ia cepat maju secara sosial dan intelektual. Dia tampan, persuasif dalam percakapan, dan pemusik yang baik dan improvisasi. Tentang 1466 ia magang sebagai garzone (anak studio) untuk Andrea del Verrocchio, pelukis dan pematung terkemuka Florentine zamannya. Dalam lokakarya Verrocchio Leonardo diperkenalkan ke banyak kegiatan, dari lukisan altarpieces dan gambar panel untuk penciptaan proyek-proyek patung besar di marmer dan perunggu. Pada 1472 ia masuk dalam serikat pelukis Florence, dan pada 1476 ia masih dianggap asisten Verrocchio. Dalam Baptisan Verrocchio Kristus (1470, Uffizi?, Florence), malaikat berlutut di sebelah kiri lukisan itu oleh Leonardo.

Pada 1478 Leonardo menjadi
master independen. Komisi pertamanya, melukis altarpiece bagi kapel Palazzo Vecchio, balai kota Florence, tidak pernah dieksekusi. Lukisan pertama yang besar, Pemujaan Orang Majus (mulai 1481, Uffizi), belum selesai, diperintahkan di 1481 untuk Biara San Donato sebuah Scopeto, Florence. Karya-karya lain dianggap berasal dari masa mudanya adalah disebut Benois Madonna (1478, Hermitage?, Saint Petersburg), potret Ginevra de 'Benci (1474?, Galeri Nasional, Washington, DC), dan Saint Jerome yang belum selesai (1481?, Pinacoteca, Vatikan).

Tentang 1482 Leonardo memasuki pelayanan duke dari Milan, Ludovico Sforza, setelah menulis Snell surat menakjubkan di mana ia menyatakan bahwa ia bisa membangun jembatan portabel; bahwa ia tahu teknik-teknik membangun pengeboman dan pembuatan meriam, bahwa ia bisa membangun kapal serta kendaraan lapis baja, ketapel, dan mesin perang lainnya, dan bahwa dia bisa mengeksekusi patung di marmer, perunggu tanah liat, dan. Ia menjabat sebagai insinyur utama dalam berbagai perusahaan Duke militer dan aktif juga sebagai arsitek. Selain itu, ia membantu matematika Italia Luca Pacioli dalam pekerjaan Divina dirayakan proportione (1509).

Bukti menunjukkan bahwa Leonard
o telah magang dan murid di Milan, untuk siapa ia mungkin menulis berbagai teks kemudian dikompilasi sebagai risalah pada Lukisan (1651; diterjemahkan 1956). Yang paling penting dari lukisannya sendiri selama periode awal Milan adalah The Virgin of the Rocks, dua versi yang ada (1483-1485, Louvre, Paris, 1490s untuk 1506-1508, Galeri Nasional, London), ia bekerja pada komposisi untuk waktu yang lama, seperti kebiasaannya, tampaknya tidak mau untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai. Dari 1495-1497 Leonardo bekerja pada karya, The Last Supper, mural di ruang makan dari Biara Santa Maria delle Grazie di Milan. Sayangnya, penggunaan eksperimental minyak pada plester kering (pada apa adalah dinding luar yang tipis dari ruang yang dirancang untuk melayani makanan) secara teknis tidak sehat, dan 1500 kerusakannya telah dimulai. Sejak 1726 upaya telah dilakukan, tidak berhasil, untuk mengembalikan itu, sebuah pemulihan terpadu dan program konservasi, memanfaatkan teknologi terbaru, dimulai pada tahun 1977 dan membalikkan beberapa kerusakan. Meskipun banyak dari permukaan asli hilang, keagungan komposisi dan karakterisasi menembus tokoh memberikan visi sekilas kemegahan lenyap.

Selama tinggal lama di Milan, Leonardo juga menghasilkan lu
kisan dan gambar lainnya (yang sebagian besar telah hilang), desain teater, gambar arsitektur, dan model untuk kubah Katedral Milan. Komisi terbesar adalah untuk sebuah monumen perunggu kolosal untuk Francesco Sforza, ayah dari Ludovico, di halaman Castello Sforzesco. Pada bulan Desember 1499, bagaimanapun, keluarga Sforza didorong dari Milan oleh pasukan Perancis; Leonardo patung yang belum selesai (itu dihancurkan oleh Perancis pemanah, yang menggunakan model terra cotta sebagai target) dan ia kembali ke Florence pada tahun 1500.

Pada 1502 Leonardo memasuki pelayanan Cesare Borgia, adipati Romagna dan anak dan kepala umum Paus Alexander VI. Dalam kapasitasnya sebagai arsitek kepala dan insinyur duke, Leonardo diawasi bekerja pada benteng dari wilayah kepausan di Italia tengah. Pada 1503 ia adalah anggota komisi seniman yang untuk memutuskan lokasi yang tepat untuk David (1501-1504, Accademia, Florence), patung marmer yang terkenal kolosal oleh pematung Michelangelo Italia, dan ia juga menjabat sebagai seorang insinyur dalam perang melawan Pisa. Menjelang akhir tahun Leonardo mulai desain dekorasi untuk ruang besar dari Palazzo Vecchio. Subjek adalah Pertempuran Anghiari, kemenangan Firenze dalam perang dengan Pisa. Dia membuat gambar banyak untuk dekorasi dan menyelesaikan kartun ukuran penuh, atau sketsa, di 1505, tapi dia tidak pernah menyelesaikan lukisan dinding. Kartun itu sendiri hancur pada abad ke 17, dan komposisi bertahan hanya dalam salinan, yang paling terkenal adalah salah satu oleh pelukis Peter Paul Rubens Flemish (1615, Louvre?).

Selama periode Florentine kedua, Leonardo melukis potret beberapa, tapi satu-satunya yang bertah
an adalah Mona Lisa yang terkenal (1503-1506, Louvre). Salah satu potret paling terkenal yang pernah dicat, juga dikenal sebagai La Gioconda, setelah nama dianggap suami wanita itu. Leonardo tampaknya memiliki kasih sayang khusus untuk gambar, untuk itu ia dengan dia pada semua perjalanan selanjutnya.

Pada 1506 Leonardo lagi pergi ke Milan, pada panggilan gubernur Perancis, Charles d'Amboise. Tahun berikutnya ia diangkat pelukis pengadilan untuk Raja Louis XII dari Perancis, yang saat itu berada di Milan. Selama enam tahun berikutnya Leonardo membagi waktun
ya antara Milan dan Florence, di mana ia sering mengunjungi tirinya saudara setengah dan merawat warisannya. Di Milan dia melanjutkan proyek rekayasa dan bekerja pada sebuah sosok berkuda untuk sebuah monumen Gian Giacomo untuk Trivulzio, komandan pasukan Perancis di kota, walaupun proyek ini tidak selesai, gambar dan studi telah diawetkan. Dari 1514-1516 Leonardo tinggal di Roma di bawah perlindungan Paus Leo X. Ia ditempatkan di Belvedere Palazzo di Vatikan dan tampaknya telah diduduki terutama dengan percobaan ilmiah. Pada tahun 1516 ia pergi ke Prancis untuk memasuki pelayanan Raja Francis I. Dia menghabiskan tahun terakhirnya di Château de Cloux, dekat Amboise, dimana dia meninggal.

Meskipun Leonardo menghasilkan sejumlah relatif kecil dari lukisan, banyak yang masih belum selesai, ia tetap seorang seniman yang luar biasa inovatif dan berpengaruh.
Selama awal tahun, gaya erat disejajarkan bahwa Verrocchio, tapi dia secara bertahap pindah dari perlakuan gurunya kaku, ketat, dan agak kaku angka untuk mengembangkan penanganan yang lebih menggugah dan komposisi atmosfer. Lukisan awal Pemujaan Orang Majus memperkenalkan pendekatan baru untuk komposisi, di mana tokoh utama dikelompokkan di latar depan, sedangkan latar belakang terdiri dari pandangan jauh reruntuhan imajiner dan adegan pertempuran.

Inovasi gaya Leonardo bahkan lebih jelas dalam The Last Supper, di mana dia mewakili tema tradisional dalam cara yang sama sekali baru. Alih-alih menunjukkan 12 rasul sebagai tokoh individu, ia dikelompokkan dalam satuan komposisi dinamis tiga, membingkai sosok Kristus, yang terisolasi di tengah gambar. Duduk di depan pemandangan yang jauh pucat terlihat melalui pembukaan persegi panjang di dinding, Kristus-yang adalah untuk mengumumkan bahwa salah satu dari mereka yang hadir akan mengkhianatinya-merupakan inti tenang sementara yang lain merespon dengan gerakan animasi. Dalam monumentalitas dari adegan dan weightiness tokoh, Leonardo diperkenalkan kembali gaya dirintis lebih dari generasi sebelumnya oleh Masaccio, ayah dari lukisan Firenze.

Mona Lisa, karya Leonardo yang paling terkenal, adalah sebagai terkenal karena penguasaan atas inovasi teknis seperti untuk Kegaiban subjek legendaris tersenyum. Karya ini adalah contoh sempurna dari dua teknik-sfumato dan chiaroscuro-yang Leonardo adalah salah seorang guru besar pertama. Sfumato ditandai dengan halus, hampir transisi antara
daerah yang sangat kecil warna, menciptakan kabut halus atmosfer atau efek berasap, hal ini terutama jelas dalam jubah tipis yang halus dipakai oleh pengasuh dan dalam senyum penuh teka-teki nya. Chiaroscuro adalah teknik pemodelan dan mendefinisikan bentuk melalui kontras cahaya dan bayangan; tangan sensitif dari pengasuh yang digambarkan dengan modulasi bercahaya cahaya dan bayangan, sementara kontras warna hanya digunakan hemat.

Leonardo di antara yang pertama untuk memperkenalkan perspektif atmosfer menjadi latar belakang lanskap nya, karakteristik terutama penting lukisannya. Tuan Kepala High Renaissance di Florence, termasuk Raphael, Andrea del Sarto, dan Fra Bartolommeo, semua belajar dari Leonardo, ia benar-benar mengubah sekolah dari Milan, dan di Parma, pengembangan artistik Correggio diberikan arahan oleh karya Leonardo.

Banyak gambar Leonardo yang masih ada, yang mengungkapkan mistar cemerlang dan penguasaan tentang anatomi m
anusia, hewan, dan tanaman hidup, dapat ditemukan dalam koleksi Eropa utama. Kelompok terbesar adalah di Windsor Castle di Inggris. Mungkin gambar yang paling terkenal adalah potret diri-megah di usia tua (1510 -1513??, Biblioteca Reale, Turin, Italia).

Karena tidak ada proyek patung Leonardo dibawa sampai selesai, pendekatan untuk tiga-dimensi seni hanya dapat dinilai dari gambar-gambarnya. Para striktur yang sama berlaku untuk arsitektur nya: Tidak ada proyek bangunan itu sebenarnya dilakukan sebagai dia tipu daya mereka. Dalam gambar arsitektur, bagaimanapun, dia menunjukkan penguasaan dalam penggunaan bentuk besar, kejelasan ekspresi, dan terutama pemahaman yang mendalam mengenai sumber-sumber Romawi kuno.

Sebagai seorang ilmuwan Leonardo menjulang tinggi di atas semua orang sezamannya. Teori-teori ilmiah, seperti inovasi artistiknya, didasarkan pada pengamatan yang cermat dan dokumentasi yang tepat. Dia memahami, lebih baik daripada orang abad nya atau berikutnya, pentingnya observasi ilmiah yang tepat. Sayangnya, sama seperti ia sering gagal untuk membawa ke kesimpulan proyek artistik, ia tidak pernah menyelesaikan risalah direncanakan pada berbagai mata pelajaran ilmiah. Teori-teorinya yang terkandung dalam notebook banyak, sebagian besar yang ditulis dalam aksara cermin. Karena mereka tidak mudah dipahami, temuan Leonardo tidak disebarluaskan di masa hidupnya, telah mereka telah diterbitkan, mereka akan merevolusi ilmu pengetahuan abad ke-16. Leonardo benar-benar diantisipasi banyak penemuan zaman modern. Dalam anatomi ia mempelajari sirkulasi darah dan tindakan mata. Dia membuat penemuan di meteorologi dan geologi, mempelajari efek dari bulan pada pasang surut, meramalkan konsepsi modern pembentukan benua, dan menduga sifat fosil kerang. Dia termasuk pencetus ilmu hidrolika dan mungkin merancang hydrometer tersebut; skema nya untuk kanalisasi sungai masih memiliki nilai praktis. Ia menemukan sejumlah besar mesin cerdik, banyak potensial berguna, di antaranya sebuah pakaian selam di bawah air. Perangkat terbangnya, meskipun tidak praktis, diwujudkan prinsip-prinsip aerodinamika.